Jumat, 06 Juni 2008

Warna Hidup


Hidup ini memnag aneh. kalau kita renungkan apa yang telah terjadi pada diri kita dan apa yang pernah kita lakukan pada dulunya. tidakkah kita mencoba untuk merenungkan dan menghayati apa yang pernah kita lakukan. dan kalau kita pikir-pikir aneh dan lucu tentang apa yang dulu pernah kita lakukan dan kita perbuat, baik itu kita melakukan yang baik dan jahat, mungkin pada waktu itu kita ngk tau apa yang kita lakukan itu adalah bagian dari warna hidup kita. saya sendiri merasa lucu dengan apa yang pernah saya lakukan pada sebelumnya,.

misalanya pada waktu saya masih beranjak dewasa, saya itu selalu merasa ditertawakan orang lain, dan perilaku saya pada itu sangat jauh sekali dengan apa yang sekarang. dan pada usia saya beranjak 19-an, saya cepat sekali naik darah, apa lagi ada orang yang menyinggung sedik tentang saya dan keluarga saya, itu pasti saya pukul, saya ngak perduli itu siapa, pokonya saya pada waktu itu boleh dikatakan tipe orang yang mudah tersinggung dan pemarah. dan pada di usia saya 20-24, saya semakin menjadi orang yang boleh dikatakan golongan pereman, karena saya pada waktu itu, sering menodong orang lain, menodong sekedar buat makan dan minum,dan saya malah menghalalkan segala cara untuk mendaatkan sesuatu. terus terang saja saya pada zaman itu sering sekali melakukan hal yang aneh-aneh, dan waktu itu saya juga ngak tau apa yang sedang saya lakukan, pikiran saya itu antara sadar denagn tidak. keluraga saya tidak tau apa yang pernah saya lakukan, karena saya selama 5 tahun nagk pernah yang namanya pulang kerumah. saya juga tergolong orang yang peminum, bayangkan saja dizaman-zaman itu tiada hari tampa minum, pokoknya kalau yang namanya minum itu nagk tau waktu, malah dari pagi sampai pagi lagi tinggal minum terus.

pada usia saya berancak 24 tahun, saya mulai mengurangi diri bergaul, dan diusia-usia ini saya cendrung membantu orang tua, dan merasa kasihan dengan orang tua dan orang lain, tetapi sikap pemarah saya tetap ngk mau hilang, dan di usia ini juga saya sering memberi masukan kepada anak-anak muda, kalau apa yang pernah saya lakuakn pada zaman itu tidak baik, janganlah dicoba-coba karena kalau dicoba sekali saja pasti ketagihan, dan banyak anak muda yang sekampung dengan saya mau mendengar kata-kata saya, karean mereka tau dan melihat apa yang sering saya lakukan di zaman-zaman itu.

sekarang kalau saya meningat-ingat apa yang pernah saya lakukan dizaman-zaman beranjak dewasa itu sangat lucu bagi saya. saya berpikir itu mungkin seni/warna hidup. karena kalau hidup ini tidak ada warna/seni rasanya ngak indah. coba kalau kita lihat dan perhatikan sebuah gambar, gambar itu kalau tidak ada warna tidak akan indah dan tidak akan menarik perhatian orang lain. mungkin begitu juga hidup ini, dan saya berkesimpulan apa yang menjadi keluh kesah dan penderitaan dan masalah-maslah yang kita alami sekarang ini mungkin itu bagain dari warni/seni hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar