Di Rasa Di Roso Di Tarah Di Kakap

Kamis, 27 Maret 2008

Kota Menjalin Di Genani Air



Banjir Melanda Kota Menjalin

Kalimantan Barat adalah salah satu Provensi di Indonesia. Dan Kalimantan Barat ini merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. Hutan, tanah dan air merupakan sumber daya alam yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Sebagai sumber daya alam yang berfunsi ganda dan merupakan unsure utama bagi kehidupan manusia, sehingga tanah, air dan hutan perlu di kelola secara arif dan bijksana.


Diera reformasi sekarang ini, laju kerusakan hutan di Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat lebih cepat dibandingan dengan sebelumnya. Laju kerusakan hutan mencapai 2 juta Ha setiap tahunnya, dan data terakhir menunjukkan bahwa kawasan yang rusak telah mencapai lebih dari 43 Ha (Agus Pelangi 2003). Pontianak Post, Juni 2004, Laju kerusakan hutan Kalimantan Barat yang setiap tahunnya mencapai 1.8 ribu hektar. Sehingga mengakibatkan lahan kritis semakin luas, baik yang tersebar di dalam kawasan hutan maupun pada bagian wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sudah jarang sekali menemui hutan perawan (yang belum dikelola manusia), tapi yang banyak terlihat adalah bukit-bukit yang gundul.

Akibat dari keadaan tersebut masyarakat semakin jauh dari sumber daya alam yang ada, misalnya seperti;air, kayu, rotan dan banyak lagi sumber daya alam yang ada di masyarakat menjadi hilang dan tergusur dari keragaman hayati, peran produksi, religi, sosial dan budaya mereka serta terjadinya perubahan iklim global secara signifikan, berupa suhu yang begitu panas pada siang hari dan terjadinya bencana alam berupa banjir, kekeringan dan longsor dimana-mana. dan pada tahun 2005 yang lalu banjir melanda Ibu Kota Kecamatan Menjalin dengan ketinggian 2 meter.

Air adalah sumber daya alam yang sangat di perlukan untuk kehidupan manusia dan tumbuhan, dan tetapi air juga bisa mengakibatan bencana yang sangat besar bagi manusia dan tumbuhan.

Aneh tapi nyata. Seharusnya orang mendayung sampan di sungai-sungi, tetpi kali ini msayarakat Menjalin dan sekitarnya mendayung sampan di atas aspan dan di tengah pasar, ini kalu kita liat sekilas emang agak lucu, dan tetapi kalau kita renungkan dan pikirkan ini sangat menyedihkan sekali. Apa dan mengapa sebabnya mereka mendayung sampannya di atas jalan dan di tengah pasar?, ini adalah akibat dari keserakahan manusia yang tidak bertanggung jawab, yang hanya mementingkan diri sendiri, tidak memikirkan masyarakat yang tidak berdosa.

0 komentar: