Di Rasa Di Roso Di Tarah Di Kakap

Senin, 31 Maret 2008


Adat- Istiadat

Masyarakat adat pada prinsipnya tidak bisa hidup tampa alam, karena kehidupan mereka sangat tergantung pada alam sendiri, oleh sebab itulah masyarakat adat berusaha menjaga dan melesatariakan alam mereka walaupun dengan secara tradisioanal. Alam ini memenag sangat erat sekali kaitannya dengan masayarakat adat.

Sistem adat istiadat sebenarnya merupakan keseluruhan sistem yang berisi pengetahuan mengenai sifat-sifat alam, pengetahuan mengenai moralitas dan etika manusia, dan pengetahuan tentang bagaimana perilaku manusia. Adat istiadat tidak hanya mengurusi tentang hukum atau ritual-ritual saja, dan dari zaman dulu adat istiadat ini di pertahankan oleh nenek moyang leluhur orang Dayak sebagai tatakrama dan pengaturan kehidupan mereka. Dan didalam adat istiadat juga merupakan penjaga tatanan kehidupan manusia dengan alam dan antara manusia dengan manusia sendiri.

kecendrungan –kecendrungan yang jahat dapat melukai manusia lain sekaligus melukai alam, berdasndar pada moralitas keseimbangan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kata “Adat” yang tidak menunjuk pada sesuatu yang monolitik atau sesuatau yang menjadi bagian dari suatu yang lebih besar, melaikan menunjuk pada suatu keseluruhan yang mungkin terwakili oleh sesuatu yang merupakan bagian. Pada konteks-konteks tertentu kata adat dapat menunjuk pada aturan, ritual atau system religi, namun secara keseluruhan pengertian mengenai adapt adalah sesuatu yang utuh dari semua itu.

0 komentar: