Di Rasa Di Roso Di Tarah Di Kakap

Minggu, 09 Maret 2008

Adat Pengobatan "Paboreatn"

PAROBATATN
Tradisi adat pengobatan bagi masyarakat adat dayak, upacara ini sudah lama di lakukan dan sudah menjadi tradisi bagi masyarakat dayak, di dalam upacara adat pengobatan tradisional ini setidaknya ada beberapa macam atau cara pengobaan. 1), Babore, (babore ini ada dua cara, yaitu; a), babore mentah “babore manta”, babore mentah ini tidak memakai ayam dan peralatan yg lain2, cukup dengan membuat “palantaran” saja, b), babore masak (lihat di bawah). 2), Babuis. 3), Pamulakng. 4), Batanung. 5), Batajok. 6), Namputn Sukat. 7)Baliatn. 8), Balengang. Setidaknya ada delapan macam tatacara pengobatan tradisional ini.

1. Babore
Babore adalah suatu upaya menyembuhkan penyakit dari keluarga atau dari kampokng yang mengalami sakit

a) Babore manta’.
Ialah tidak memakai ayam bentuk paboreatn di tawar,sambur-sambur,jampi/mani’alat peraganya:
Palantaratn baras sunguh, jarum,jukut diampa’talo’ sabuah,roko’,ai’
tawar sagalas dan pambaraan. Kalau yang sakit perlu dimandikan perlu disiapkan :Bunga tujuh macam, Salodakng,Limo tujuh ege’,Lato’ barateh (barateh ialah baras poe’ diranakng)

b) babore masak
Bore masak ialah upacara penyembuhan dari keluarga atau kampokng yang mengalami sakit ditambah dengan beberapa ekor ayam keperluan sidukun kepada yang sakit. Alat peraganya: ,Manok sesuai keperluan si dukun, Tumpi’ poe’, + palantaratn ba tingkat + mata palantaratn, Tujuh macam bunga + mayang pinang, Ai’ katongkor + ai tujuh sunge,Nasi tujuh macam + tumpang + buat tangah + lato’ barateh+ lilin merah, Ai’ untuk ba jampi + karimabo + rinyuakng + tamar basi = duri tujuh macam + pambaraan + parapuh topokng

Kalau perlu mengambil sumangat/sumangatnya lalakng:maka perlu rage’ tumpi’poe’, manok,baliungk,mangkok, lilin merah, semua itu di taruh di dalam rage’.

2. Babuis
Babuis adalah menyembuhkan orang dari penyakit ( setan ngaco ).
Tujuannya adalah mohon pengamnpunan kepada setan yang dianggap menggangu si sakit dengan membawa persembahan dengan harapan agar penyakit yang di derita dapat diberi kesembuhan oleh setan tersebut.
Alat peraga babuis :Satu ekor ayam jantan merah kurang lebih 1 kg, Tumpi’ poe’ + bontokng, Botol + pakul + telur 1 buah + kahakng talo yang masih utuh, Timpurukng + kapur karake + labu’ + bulu’/ ramuan rumah ( kecuali pabarasatn dan tihakng tuha), Lape’ dari buluh ( untuk saladatn buis ),Kalangkakng dari kayu, Mata buis

(Keterangannya :Botol =jampa, Kahakng talo = siam tajo, Timpurukng = patahilatn, Labu = gantongan, Telur mentah = mas bubur, Dako’ nganti pahar.)

Pada dasarnya barang-barang tersebut diatas diadakan sebagai pembayar/penukar kesalahatn. Babuis setelah diadakan di luar rumah dan tidak jarang pula diadakan ditempat si sakit mendapat awal penyakitnya yang disesuaikan dengan tanungan. Selesai babuis segala sesuatu perlengkapan/sajian tidak dibawa pulang kecuali sirih masak yang ada di atas buis yang selanjutnya disebut “pamulakng”.

3. Pamulakng
Sebelum naik ke rumah si sakit, dukun babuis harus memberi/menyampaikan ucpan “ Ringakng”, kemudian sirih masak dikunyah oleh dukun babuis diludahkan ke belakang tangkok kemudian dioleskan oleh dukun kepada si sakit dengan kata-kata’nian aku more’atn pamulakng, minta ia di bare’atn gumare’ alapm baik, dibare’atn alapm gumare’ baik, dst’.

4. Batanung
Tujuanya mencari asal usul penyakit yang diderita si sakit. adapun alat-alatnya : Unyit, karake’ pinang,salodakng , talo, daukng pako dll( sesuai dengan keahlian sang dukun )

5. Batajok
Sebelum makan atau minum tajok kalau patah tulang terlebih dulu diobati yang bagian luar. Pamabat patah tulang:Membuat bentuk dari pamali untuk membalut bagian yang patah seperti paha/tangan. Jenis ramuan yang disediakan daukng tarok mamah dan daukng tarok budin,buah sare manamun daun tarok korongan merah, buah lahia merah daun tarok abuatn semua bahan tersebut harus ditumbuk halus sampai lumat kemudian dicampur seko rega (anak ayam ) ditetek halus-halus di tu’up di atas api dicampur semua ramuan diatas di bungkus dengan daun abuatn tiga lapis apabila sudah di tem’ dicampur arak dan babatan di bagian patah tulang. Babatan harus diganti satu kali sehari,tiga hari kemudian dilihat hasil nya memuaskan atau tidak .selama masih diobati ada pantangannya tidak boleh makan rebung, cabe,kaladi,bunan dll. Tajok yang diminum tergantung ke ahlian tukang tajok masing-masing dan tergantung jenis penyakit yang mau di tajok.

6. Namputn sukat
Suatu upacara adat nyampunan ukuran ( sukat/bohol) kemudian nang menurut panele’annan urakng pane ina gagas. Nang di pinta ka ene’ Nange. Gejala kamuda nang kurang sukat :Pancah dongo, tubuh kurus, bai’ aya’ aya’ makatn sabul, hal ini diderita anak tanpa sebab yang jelas. Sebagai tenaga pelaksana: Urakng pane / dukun dengan peraganya sbb:Tanga’ riti sa’ ulur, Cincitn sa batakng, Lato’ barateh, Manok seko’ bunga salaseh, sare, Ansa ( seko’ manok),Parapuh topokng.

7. Baliatn
Baliatn adalah suatu upacara adat yang diyakini masyarakat ( khususnya orang dayak ) secara turun temurun yang dipakai/di gunakan untuk menyembuhkan orang sakit , nyasah karamigi/ kampokng binua, ba’ niat namuan rajaki untukng tuah .waktu pelaksanaan:kalau untuk perobatan biasanya 1 malam atau 2 malam kalau untuk bayar niat,3 hari 3 malam . alat yang di pergunakan: Agukng + dau, tuma’, Daukng nyiur (bawar), Salodakng pinang, Uwa’ (adari tali tarap/ tali tingkalakng), Ranjak (tampat alat-alat baliatn), Tumpi’ poe’ babotn, manok ( sesuai keperluan) talo’, Palantaratn talu tingkat (melihat waktunya atau pada keperluan), Buat tangah.

Prosese pelaksanaan adatnya,:Babotn seko’ di bunuh untuk (Na’ap buis Jubata, Na’apo kulit babotn namanya biawak, Na’ap karama, nian ada sangahe bagi, misalnya; Karama panade’, Karama tukang tuma’, Karama tukang dual, Karama pangarada, karanma tukang agukng, karama tukang palayan dapur,karama panabo’, karama pangago’ alat-alat nang di make)
Dan setelah tiga hari tiga malam baru ada agi nang damanya; musi’ bawar, udah musi bawar baru’ basaru’ sumangat. Basaru sumangat nian make manok seko’, manjoat buat tangah, parapuh topokng man buat rabuk.

8. Balenggang
Balenggang adalah suatu upacara/usaha penyembuhan seseorang atau keluuarga dari penyakit. Jenis-jenis balenggang:Rabiu atau bajolakng, Ledan atau mabakng kuning
Alat peraga:Batakng taman; Batakng angkulung,Daukng nyiur muda untuk hiasan,Maragong,Kayuara sanuk,Nanas, payukng, palantaratn,Kaikng putih+itapm,Buah nyiur,Buat tangah,Salodakng pinang,Mayang pinang + nyiur untuk pangkamur
Lingkaran batakng taman; Bingke, Tarekng di malah, Akar+ kulit pisang ( untuk ngapo” ), Tali di santikng ( 4 panjuru alam) Tali sempak lalayakng, Tumpakng aya’ ka batakng taman, Tumpakng enek 4 pasagi, Tumpakng ka ujukng pungka maraga, Riti ka tumpakng
Alat-alat lainya :manok (sesuai dengan keperluan ), pambaraan + tujuh macam nasi, lilin merah, talo + lato’ barateh, parapuh topokng,salapa + caramin + sisir,poe tujuh roas batakng taman, iso’ + 12 nasi + tumpi bawakng , rumah ne’ doko. bantayatn ka botang depan rumah dgn alat alat:, kalangkakng buluh bala, mamali ba duri, tumiang pogo’, rinyuakng, tentekng balukng
sesudah tiga malam muang bawar baru basaru’ sumangat.

0 komentar: