Di Rasa Di Roso Di Tarah Di Kakap

Rabu, 27 Agustus 2008

Bingung mau di bilang apa?????

Siapa Diri ini???????

Sekarang ini, sangat sulit sekali untuk mengenal identitas diri “suku”, karena banyak orang-orang pintar yang meneliti tentang berbagai sub suku di Kalimantan Barat ini, terutama tentang suku Dayak, penelitian-penelitan mereka itu sekarang ini sudah ada yang di terbitkan menjadi sebuah buku.

Dan dalam isi buku itu kalau kita baca-baca, itu mungkin membuat ita bingung dengan identitas Dayak itu sendiri, karena mereka membaginya dengan sub-sub suku dayak lagi. Padahal didalam sejarah atau yang lebih di kenal dikalangan orang pintar itu MITOS, nagk ada itu pembagian sub-sub suku lagi.
Aneh bin ajaib menurut saya orang yang ngk tau apa-apa ini.

Saya mengambil salah satu contoh; di daerah Menjalin saja, mereka mengatakannya di sana ada sub-sub suku dayak lagi, ada dayak mempawah, dayak kaca, dan dayak-dayak lainnya, jujur saja itu di sana (menjalin) nagk ada yang istilah-istilah itu, yang ada hanya dayak Kanayatn istilah sekarang (dayak Mampawah istilah jaman dulu)

Kiranya jangan membuat sesuatu yang mudah menjadi rumit. Dan jangan pula membodohkan generasi-generasi muda, begitu juga dengan orang-orang yang mereka wawancari, jangan menyebut diri tahu tentang sejarh peradaban dayak kalau kita tidak tau bilang aja kan ngk susah, dan jangan pula hanya ingin di kenal sebagai tokoh padahal di daerahnya sendiri tidak diakui keberadaannya.

Aku tak tau mengapa bisa begini, mungkin kedepan dayak tinggal nama, karena sudah tidak tau harus berbuat apa, dan masuk dalam sub suku apa.
Disaat ini kita tidak bisa berkata apa.

(ini semua hanyalah curahan hati)



0 komentar: